DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KAB. LANGKAT KEMBALI MENGGELAR KEGIATAN DONOR DARAH BERSAMA PMI KABUPATEN LANGKAT

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Langkat bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Langkat mengadakan kegiatan donor darah yang menjadi salah satu aksi sosial dari kegiatan rutin Dinas Dukcapil Kabupaten Langkat.

Dikutip dari laman website, mendonorkan darah secara rutin setiap tiga bulan sekali, akan membuat tubuh terpacu memproduksi sel-sel darah baru, sedangkan fungsi sel-sel darah merah adalah untuk oksigenisasi dan mengangkut sari-sari makanan. Dengan demikian fungsi darah menjadi lebih baik sehingga donor menjadi sehat. Selain itu, kesehatan pendonor akan selalu terpantau karena setiap kali donor dilakukan pemeriksaan kesehatan sederhana dan pemeriksaan uji saring darah terhadap infeksi yang dapat ditularkan lewat darah.

Di tengah meningkatnya kebutuhan darah di Indonesia, tingkat kesadaran masyarakat untuk melakukan donor darah juga semakin meningkat, kepedulian Pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Langkat menyatakan bahwa donor darah itu menyehatkan dan bermanfaat bagi orang lain, hal ini dapat dilihat dari antusiasme para pegawai yang mengikuti acara donor darah yang diselenggarakan. Para pendonor tidak berasal dari pegawai Dinas Dukcapil saja tetapi juga di peruntukkan umum. Sebanyak 23 kantong darah pun terkumpul dalam kegiatan ini. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Langkat juga memberikan Pelayanan Adminduk siap dalam 1 hari bagi masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan Donor Darah tersebut.

Dalam cara donor darah yang diselenggarakan oleh panitia dimulai pukul 08.30 WIB berlangsung sangat kondusif juga diikuti oleh Tim dari Telkomsel (PT. Golden Communication) Stabat. Tim panitia donor darah berharap  kegiatan ini bisa terus dilaksanakan secara konsisten. Mudah – mudahan sedikit kepedulian ini dapat membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan.

Bagikan